Selasa, 06 Januari 2015

Perpanjangan SIM

Kemarin saya ke Polres Wonosobo untuk memperpanjang SIM A saya yang habis hari ini. Saya berangkat dari rumah jam 8 pagi. Kalo mau memperpanjang SIM seperti saya, yang perlu dibawa adalah KTP asli, fotokopi KTP satu saja, SIM lama dan difotokopi satu saja. Oh ya, jangan lupa bawa gadget atau buku, siapa tau ntar nunggu antrian kelamaan, jadi ada kegiatan. 

Begitu sampai Polres, hal pertama yang mesti dilakukan adalah cek kesehatan. Kemarin saya mengantri dari jam setengah sembilan sampai setengah sepuluh karena yang cek kesehatan hari itu banyak banget. Tempat untuk cek kesehatan di sini juga lumayan sempit, jadi kami harus berdesak-desakan. Begitu nama saya dipanggil, saya langsung diukur berat dan tinggi badan. Setelah itu, saya disuruh masuk ke ruangan lain untuk tes kesehatan mata apakah saya buta warna atau tidak. Di sini saya disuruh membayar Rp 25.000,-. Setelah itu, saya disuruh membayar lagi sebesar Rp 31.000,- untuk biaya asuransi. Jadi, di tempat cek kesehatan, saya sudah harus merogoh kocek sebesar Rp 56.000,-. Jika satu orang saja sebesar itu, padahal dalam satu hari mungkin ada ratusan orang yang harus cek kesehatan, harusnya pihak Polres bisa meningkatkan pelayanannya. Dari jaman saya SMA dulu pas bikin SIM C sampai sekarang, pelayanan cek kesehatan belum mengalami peningkatan.

Tempat untuk Cek Kesehatan Polres Wonosobo
Setelah cek kesehatan, saya langsung mengambil formulir permohonan perpanjangan SIM. Setelah formulir saya isi dan saya kumpulkan, saya harus menunggu dari jam setengah sepuluh sampai setengah sebelas sebelum akhirnya nama saya dipanggil. Kali ini saya disuruh membayar uang sebesar Rp 80.000,- di kantor BRI yang berada tepat di sebelah Polres Wonosobo. Setelah itu, saya harus mengantri lagi menunggu giliran untuk difoto. Sekitar jam 11 nama saya dipanggil untuk difoto dan kurang lebih 10 menit setelah itu, SIM saya jadi dan bisa diambil. Total biaya yang harus saya keluarkan untuk perpanjangan SIM A di Polres Wonosobo adalah sebesar Rp 136.000,-. For your information, kalo perpanjangan SIM C cuma beda Rp 5.000,- lebih murah.

Tempat untuk Membuat SIM Polres Wonosobo

4 komentar:

  1. Perpanjangan telat lebih 3 bln hrus bayar 320.000,- + 56.000 (kir dokter & asuransi).
    gimana ceritanya

    BalasHapus
  2. perpanjang sim A. kir dokter 40k, asuransi 30k, formulir 80k. jmlh 150k.

    BalasHapus
  3. sampai loket pengambilan ternyata bahan sim habis, cuma dapat kertas 1 lembar sim sementara. duh! piye iki, kalo masuk dompet kan cepet rusak. sementara waktu pengambilan tidak ditentukan

    BalasHapus