Selasa, 02 Januari 2018

Desa Sade, Wisata Adat Pulau Lombok

Liburan kali ini, kami berkunjung ke satu desa wisata di Kabupaten Lombok Tengah. Namanya Desa Sade. Terletak di Kecamatan Pujut. Yang unik dari desa ini, warganya menghuni rumah adat tradisional Lombok yang masih orisinil. Terlihat belum tersentuh oleh kehidupan modern. Atap rumahnya pake alang2. Dindingnya pake anyaman bambu. Lantainya dari tanah liat. Mereka membersihkan lantai rumah pake kotoran sapi. Katanya biar lantainya awet, mengendapkan debu, dan mengusir nyamuk.

Di Depan Desa Sade
Begitu masuk desa ini, kami langsung disambut oleh seorang guide, warga asli desa Sade. Yang unik lagi dari adat di desa ini adalah saat proses lamaran sebelum pernikahan. Ada istilah namanya kawin culik. Jadi si perempuan diculik pihak laki2 selama 3 hari sebelum dinikahi. Yang boleh diculik/dinikahi patokannya adalah gadis yang sudah bisa menenun. Kebanyakan perempuan di desa ini pekerjaannya adalah menenun. Pengunjung bisa melihat2 atau membeli hasil tenunan mereka. Ada juga pernak-pernik yang dijual seperti kalung, gelang, dan gantungan kunci.

FYI, Desa Sade lokasinya nggak terlalu jauh dari bandara internasional Lombok (BIL). Ada di pinggir jalan raya juga. Searah dengan jalan menuju Pantai Kuta Lombok dan Pantai Tanjung Aan. Oh ya, saat berkunjung ke desa ini, jangan lupa guide nya dikasih imbalan seikhlasnya ya hehe. Mereka ramah2 kok. Mereka secara detail menjelaskan semuanya tentang desa Sade. Jadi, yang mau ke Lombok, jangan lupa kunjungi desa Sade ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar