Kamis, 26 Januari 2017

MA Negeri Kalibeber Wonosobo

Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber merupakan salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Wonosobo yang berdiri sejak Tahun 1968. Pada awal berdirinya, madrasah ini bernama Madrasah Aliyah Agama Islam Negeri (MAAIN) dan sebagai pimpinannya adalah KH. Muntaha Al-Hafidz yang pada saat itu juga menjabat sebagai Kepala Departemen Agama Kabupaten Wonosobo.

Di penghujung Tahun 1979, Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber yang semula berlokasi di Pondok Pesantren Al-Asyariyah Kalibeber, berpindah lokasi ke Jalan Dieng Km. 05 Desa Krasak Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo.

MA Negeri Kalibeber berada di bawah naungan Kementerian Agama, berada di tengah – tengah lingkungan Pondok Pesantren ternama di wilayah Wonosobo, antara lain: PPTQ Al-Asy’ariah (Kalibeber), Al – Mubarok (Manggisan), Ma’had Manba’ul Qur’an (Munggang), Manba’ul Anwar (Krasak), Nurul Hidayah (Munggang), AL Futuhiyah (Bumen), Barokatul Qur’an (Bumen), Fathul Mu’in (Bumen), Al – Falah (Bumen). Jadi, MA Negeri Kalibeber Wonosobo dapat menjadi pilihan yang sangat tepat bagi peserta didik yang ingin mendalami ilmu agama di Pondok Pesantren sambil sekolah.

MAN Kalibeber
MAN Kalibeber, Pilihan Tepat Madrasah di Wonosobo
Muatan materi pelajaran keagamaan di MA Negeri Kalibeber Wonosobo juga lebih banyak dibandingkan dengan sekolah setingkat pada umumnya, sehingga cukup memberi bekal keagamaan bagi peserta didik yang tidak belajar di pondok pesantren. Oleh sebab itu, MA Negeri Kalibeber merupakan madrasah pilihan yang tepat dalam menjawab dan menghadapi tantangan zaman di era global yang menuntut penguasanaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi iman dan akhlakul karimah.

Memiliki 3 Jurusan Unggulan Yaitu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIA), Ilmu – Ilmu Sosial (IIS) dan Ilmu Keagamaan (IKA), dengan jumlah ruang kelas sebanyak 33 Ruang Kelas dan 1.200 Peserta didik dan 80 Guru Serta Karyawan, menjadikan MA Negeri Kalibeber tumbuh menjadi Madrasah yang dipercaya oleh masyarakat sebagai tempat belajar dan menuntut ilmu yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan jaman.

Madrasah yang memiliki luas ± 3 Hektar ini dilengkapi dengan fasilitas 1 Lapangan Basket, 2 Lapangan Volly, 1 Lapangan Sepak Takraw, 1 Lapangan Lompat Jauh, 33 Ruang Kelas, Perpustakaan, Lab Komputer, Lab Biologi/Kimia, dan Lab Bahasa, UKS, Kantin yang representatif, studio musik, serta masjid sebagai tempat beribadah dan kegiatan lainnya. Selain itu, MA Negeri Kalibeber memiliki tempat parkir yang luas dengan dilengkapi CCTV di 7 titik menjadikan peserta merasa nyaman saat belajar.

Patroli Keamanan Sekolah
Patroli Keamanan Sekolah (PKS) MAN Kalibeber
Sebagai Madrasah yang memiliki tujuan membentuk kader islam yang handal dan  mampu bersaing terhadap perkembangan zaman, maka peserta didik dibekali dengan berbagai macam kegiatan ekstrakulikuler dan berbagai macam keterampilan seperti Seni Tari, Pramuka, Sepak Bola, Musik Tek-tek bambu, musik modern (Band), OSIS, PMR, Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Jurnalistik dan KIR, Pencak Silat, English Club, Teknlogi Informasi dan Komunikasi, Voly Putra dan Voly Putri, Sepak Takraw, Atletik, Rebana, Tahfidz, Kaligrafi, Kitab Kuning, serta murottal.

Ayo bergabung menjadi bagian dari Keluarga Besar MA Negeri Kalibeber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar