Kamis, 10 Maret 2016

Ayo Nabung Emas di Pegadaian

Berawal dari ngefollow akun twitternya mas Ippho Santosa, lalu ngeliat beberapa tweetnya yang merekomendasikan buat investasi emas, akhirnya saya kesampaian juga membuka rekening tabungan emas. Karena di pegadaian kota asal saya Wonosobo belum ada layanan tabungan emas, saya memutuskan untuk membuka rekening tabungan emas di pegadaian Purwokerto. Saat ini belum semua pegadaian di Indonesia ada layanan ini. Baru pegadaian-pegadain di beberapa kota besar saja yang sudah ada dan Purwokerto salah satunya.

Tabungan Emas
Nggak cuma uang, sekarang emas juga bisa ada buku rekeningnya lho
Sebagai orang yang masih awam di dunia emas, awalnya saya masih bertanya-tanya seperti apa tabungan emas di pegadaian itu, apa kelebihannya, apa bedanya dengan kredit emas, bagaimana cara nabungnya, dan sebagainya. Saya searching-searching di Google alamat dan kontak person pegadaian Purwokerto dan alhamdulillah ketemu. Awalnya saya hanya mengirim sms yang intinya menanyakan terkait tabungan emas. Tak disangka, saya langsung ditelpon. Petugas pegadaian yang menelpon saya kala itu menjelaskan sedikit gambaran tentang tabungan emas, lalu menyuruh saya untuk datang langsung ke kantor pegadaian Purwokerto jika ingin membuka rekening.

Beberapa minggu kemudian, saya menyempatkan diri untuk datang ke pegadaian Purwokerto. Sebelum membuka rekening, saya banyak bertanya tentang layanan tabungan emas pada customer service yang melayani saya saat itu. Di tabungan emas ini, kita bisa menyetor sejumlah uang untuk dikonversi menjadi emas sesuai harga emas pada hari itu juga. Berat minimal emas yang bisa ditabung setiap menyetor adalah 0,01 gram. Jadi, jika harga emas pada saat menyetor adalah Rp 5.000/0,01 gram, maka kita bisa menabung Rp 5000 saja. Artinya kita sudah punya tabungan emas 0,01 gram. Dengan kata lain, kita tidak menabung sejumlah uang tapi menabung emas dalam hitungan gram. Sangat terjangkau buat kalangan menengah ke bawah bukan? Meski uang pas-pasan, kita tetap bisa menyisihkan sebagian uang buat nabung emas.

Tabungan Emas
Nabung lima ribu saja bisa jadi emas 
Untuk membuka rekening, calon nasabah cukup membawa KTP ke pegadaian yang sudah ada layanan tabungan emas, lalu mengisi formulir pengajuan yang telah disediakan. Biaya admisnitrasi hanya Rp 5.000 dan biaya titip emasnya hanya Rp 30.000/tahun. Biaya ini relatif murah mengingat emas kita tersimpan aman, daripada nyimpen emas sendiri di rumah tentu lebih beresiko. Dengan tabungan emas ini, kita bisa menabung kapan saja tanpa terikat jangka waktu. Kita bebas menabung secara harian, mingguan, atau bulanan.

Sesuai peraturan Pegadaian, kita hanya bisa mengambil tabungan ketika saldo sudah mencapai nominal setara 1 gram emas. Saat kita lagi butuh uang karena kepepet, saldo tabungan emas tersebut dapat dijual kembali ke Pegadaian. Misalnya kita hendak menjual tabungan emas kita yang sudah mencapai 1 gram, kurs beli saat hendak menjual emas adalah Rp 5.250 per 0.01 gram, maka kita bisa dapat Rp 525.000.

Di Pegadaian, fisik emas juga bisa dicetak. Fisik emas di tabungan kita baru bisa diambil ketika berat sudah mencapai minimal 5 gram. Jika kita ingin memiliki fisik emas, Pegadaian menyediakan emas seberat 5, 10, 25, 50 dan 100 gram. Kita akan dikenai biaya cetak emas yang sudah ditetapkan oleh Pegadaian. Berikut ongkos cetak emas di Pegadaian per Februari 2016.

Tabungan Emas
Ongkos cetak emas di Pegadaian
Investasi emas merupakan investasi jangka panjang yang akan memberi keuntungan dalam jangka waktu 2 sampai 5 tahun. Jika kamu memang berniat untuk berinvestasi, nggak perlu khawatir dengan naik turunnya harga emas harian. Jika kamu masih kesulitan menyesuaikan gaji untuk berinvestasi emas, tabungan emas di Pegadaian bisa jadi solusi cerdas. Tak perlu ragu lagi menyisihkan gaji karena kamu bisa bebas menabung sesuai kemampuan.

Buruan buka rekening tabungan emas di Pegadaian untuk investasi masa depan. Daripada punya uang buat ganti motor atau update gadget, mending buat nabung emas di Pegadaian. Satu-satunya tempat menabung emas yang resmi, aman, terjangkau, dan menguntungkan. Semoga pengalaman pribadi saya ini bisa bermanfaat untuk teman-teman terutama yang masih muda-muda yang pengen belajar investasi emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar